Komputer Menjadi Salah Satu Alat Teknologi Masa Kini

Computer ialah alat yang digunakan untuk memproses data menurut proses yang sudah dirumuskan. Kata computer di awalannya dipakai untuk memvisualisasikan orang yang perkerjaannya lakukan penghitungan aritmetika, pakai atau tanpa alat tolong, tapi makna kata ini selanjutnya dipindah ke mesin tersebut. Asal awalnya, pemrosesan info nyaris terbatas terkait pakai permasalahan aritmetika, tapi computer kekinian digunakan untuk tidak sedikit pekerjaan yang tidak terkait pakai matematika.

Dalam makna layaknya itu ada alat layaknya slide rule, tipe kalkulator teknisi dimulai dari abakus dan sebagainya, sampai semua computer elektronik yang kontemporer. Arti lebih bagus yang pas untuk makna luas layaknya “computer” ialah “yang memproses info” atau “mekanisme pengolah info.” Sepanjang tahun telah ada banyak makna yang lain dalam kata “computer”, dan beberapa kata yang lain itu saat ini dikatakan sebagai computer.

Kata computer pada umumnya pernah dipakai untuk mendefiniskan orang yang lakukan penghitungan aritmetika, pakai atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata itu dipakai dengan bahasa Inggris di tahun 1646 selaku kata untuk “orang yang hitung” selanjutnya mendekati 1897 dipakai selaku “alat kalkulasi mekanis”. Sepanjang Perang Dunia II kata itu menunjuk ke beberapa karyawan wanita Amerika Serikat dan Inggris yang kerjanya hitung jalan artileri perang pakai mesin kalkulasi.

Charles Babbage mendesain salah satunya mesin kalkulasi pertama yang disebutkan mesin analitikal. Disamping itu, bermacam alat mesin simpel layaknya slide rule dapat disebutkan selaku computer.

Beberapa bagian Computer Individual terbagi dalam:

1: Monitor

2: Papan induk

3: Pemroses

4: Slot ATA

5: Memory Akses Acak (MAA)

6: Slot PCI

7: Pencatu daya

8: Pendorong cakram optis

9: Cakram keras

10: Papan Tombol

11: Tetikus

Sekalinya begitu, pengertian di atas meliputi tidak sedikit alat spesial yang cuman dapat mempertimbangkan satu atau fungsi-fungsi. Saat menimbang computer kekinian, karakter yang paling membandingkan mereka dari alat penghitung yang sebelumnya adalah pakai pemrograman yang betul, semua computer bisa mengemulasi karakter apa saja (walau mungkin terbatasi oleh kemampuan penyimpanan dan kecepatan yang berbeda), dan, memang dipercayai jika mesin saat ini dapat mengikuti alat perkomputeran yang akan dibuat manusia di hari esok (walau pasti lebih lamban). Pada suatu pemahaman, batasan kekuatan ini ialah test yang bermanfaat sebab mengenal computer “tujuan umum” dari alat tujuan spesial yang lebih cepat. Pengertian dari “tujuan umum” dapat diformulasi ke dalam persyaratan jika satu mesin harus bisa mengikuti Mesin Touring universal. Mesin yang mendapatkan pengertian ini dikenali selaku Turing-lengkap, dan yang pertama kalinya tampil di tahun 1940 di tengah-tengah aktivitas perubahan di penjuru dunia. Saksikan artikel riwayat perkomputeran untuk lebih tidak sedikit detil masa ini.

Computer benam

Seputar 20 tahun lalu, tidak sedikit alat rumah tangga, terutamanya panel dari permainan video meliputi telephone pegang, alat rekam kaset video, PDA dan tidak sedikit sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, dan alat elektronik lain, semua berisi circuit elektronik layaknya computer yang penuhi persyaratan Turing-lengkap di atas (pakai catatan jika program dari alat ini kerap kali dibikin langsung dalam chip ROM yang akan perlu ditukar untuk mengganti program mesin). Tujuan spesial computer lainnya pada umumnya dikenali selaku “mikrokontroler” atau “computer benam” (embedded computer). Karena itu, tidak sedikit yang batasi pengertian computer ke alat yang tujuan dasarnya ialah pemrosesan info, dibanding jadi sisi dari mekanisme yang semakin besar layaknya telephone, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa dirubah untuk bermacam tujuan oleh pemakai tanpa modifikasi fisik. Computer rangka khusus, minikomputer, dan computer individu (PC) ialah jenis khusus computer yang mendapatkan pengertian ini.

Computer pribadi

Artikel khusus: Computer individu Computer individu atau individual computer (PC) ialah arti untuk computer yang tidak sedikit dijumpai orang di biasanya hingga tidak sedikit orang yang tidak dekat pakai wujud computer kecuali computer individu. Cuman beberapa orang tertentu saja yang menggunakan arti ini secara terbatas untuk memperlihatkan arti yang lebih detil dan tepat.

Computer individu dikenalkan pertama kalinya di Indonesia di tahun 1980 oleh mendiang Eddy Liew, pendiri Dragon Computer dan Communication lewat merk Sinclair yang dari Inggris.

Elemen computer secara utuh

– Prosesor
– Memori
– Motherboard
– Casing
– Power Suplai
– CDRom
– Monitor
– VGA
– Hardisk
– Kabel Power

 Langkah kerja komputer

Waktu tehnologi yang digunakan di computer digital telah bertukar secara menegangkan semenjak computer pertama di tahun 1940-an (saksikan Riwayat piranti keras hitung untuk lebih tidak sedikit detil), computer umumnya masih memakai arsitektur Von Neumann, yang diusulkan di awalnya 1940-an oleh John von Neumann.

Arsitektur Von Neumann memvisualisasikan computer pakai empat sisi khusus: Unit Aritmetika dan Rasional (ALU), unit kontrol, memory, dan alat saran dan hasil (secara kelompok diberi nama I/O). Sisi ini disambungkan oleh arsip kawat, “bis”

Memori

modul memory RAM Di mekanisme ini, memory ialah posisi byte yang dinomori (layaknya “sel” atau “lubang burung dara “), setiap berisi sepotong kecil info. Info ini kemungkinan jadi perintah untuk menjelaskan di computer apa yang perlu dilaksanakan. Sel kemungkinan berisi data yang dibutuhkan computer untuk lakukan satu perintah. Tiap slot kemungkinan berisi salah satunya, dan apa yang saat ini jadi data mungkin selanjutnya jadi perintah.

Memory simpan bermacam-macam info selaku angka biner. Info yang belum berupa biner akan diperpecahkan (encoded) pakai beberapa perintah yang menggantinya jadi satu angka atau posisi beberapa angka. Selaku contoh: Huruf F tersimpan selaku angka desimal 70 (atau angka biner) memakai salah satunya sistem perpecahan. Perintah yang lebih kompleks dapat dipakai untuk simpan gambar, suara, video, dan bermacam jenis info. Info yang dapat tersimpan pada sebuah sell diberi nama satu byte.

Pada umumnya, memory dapat dicatat kembali lebih juta-an kali – memory bisa dimisalkan selaku papan catat dan kapur yang bisa dicatat dan dihapus kembali, dibanding buku catat pakai pena yang tidak bisa dihapus.

Ukuran setiap sel, dan jumlah sel, berbeda secara luar biasa dari computer ke computer, dan tehnologi dalam pengerjaan memory telah berbeda secara luar biasa – dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi pakai air raksa (dan pegas) di mana pulsa akustik tercipta, sampai matriks magnet tetap, ke tiap transistor, ke circuit terintegrasi pakai juta-an transistor di atas satu chip silikon.

Pemprosesan

Unit Pengolah Pusat atau CPU (Central processing Unit) berperanan untuk mengolah perintah yang diberi oleh pemakai computer, mengelolanya bersama beberapa data yang berada di computer. Unit atau perangkat pemrosesan.pemroduksi akan berbicara pakai perangkat input, output dan penyimpanan untuk melakukan perintah yang sama-sama berkaitan.

Dalam arsitektur von Neumann yang asli, dia menerangkan satu Unit Aritmetika dan Nalar, dan satu Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer kekinian, ke-2 unit ini berada pada sebuah circuit terintegrasi (IC – Integrated Sirkuit), yang umumnya disebutkan CPU (Central Processing Unit).

Unit Aritmetika dan Nalar, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), ialah alat yang lakukan penerapan landasan layaknya penerapan aritmetika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), penerapan rasional (AND, OR, NOT), dan penerapan perbedaan (misalkan, memperbandingkan isi sekitar dua slot untuk kesetaraan). Di unit berikut dilaksanakan “kerja” yang sesungguhnya.

Unit kontrol simpan perintah sekarang ini yang dilaksanakan oleh computer, memerintah ALU untuk melaksanaan dan memperoleh kembali info (dari memory) yang dibutuhkan untuk melakukan perintah itu, dan mengalihkan kembali hasil ke posisi memory yang tepat. Unit ini berperan mengatur pembacaan perintah program computer.

Saran dan hasil

I/O memperkenankan computer memperoleh info dari dunia luar, dan menyimpan hasil kerjanya di situ, bisa berupa fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada bermacam jenis alat I/O, dari yang dekat keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa layaknya webcam (camera situs, pembuat, pemindai, dan lain-lain.

Yang dipunyai oleh semua alat saran biasa adalah jika mereka meng-encode (mengganti) info dari satu jenis ke dalam data yang dapat diproses selanjutnya oleh mekanisme computer digital. Alat output, men-decode data ke dalam info yang dapat dipahami oleh pengguna computer. Dalam artian ini, mekanisme computer digital ialah contoh mekanisme pengolah data.

Perintah

Perintah yang dibahas di atas bukan perintah layaknya bahasa manusiawi. Computer cuman memiliki perintah simpel dengan jumlah terbatas yang dirumuskan pakai baik. Perintah biasa yang dimengerti umumnya computer adalah “mengopi isi sel 123, dan lokasi tiruan di sel 456”, “menambah isi sel 666 ke sel 042, dan lokasi karena di sel 013”, dan “bila isi sel 999 ialah 0, perintah selanjutnya kalian di sel 345”.

Perintah diwakilkan dalam computer selaku nomor – code untuk “mengopi” kemungkinan jadi 001, misalkan. Satu himpunan perintah spesial yang disokong oleh computer tertentu dijumpai selaku bahasa mesin computer. Dalam prakteknya, orang umumnya tidak menulis perintah untuk computer langsung di bahasa mesin tapi menggunakan bahasa pemrograman “tingkat tinggi” yang selanjutnya ditranslate ke bahasa mesin secara automatis oleh program computer spesial (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman terkait kuat pakai bahasa mesin, layaknya assembler (bahasa tingkat rendah); di lain sisi, bahasa layaknya Prolog didasari di konsep abstrak yang jauh dari detil penerapan sesungguhnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)

Arsitektur

Computer kontemporer menyimpan ALU dan unit periksa ke pada sebuah circuit terintegrasi yang dikenali selaku Unit Pemroses Sentra atau CPU. Umumnya, memory computer ditaruh di atas sirkuit-sirkuit terintegrasi yang kecil dekat UPS. Alat yang tempati sejumlah besar ruang dalam computer ialah ancilliary mekanisme (misalkan, untuk menyiapkan tenaga listrik) atau alat I/O.

Beberapa computer yang semakin besar berlainan dari mode di atas di satu perihal khusus – mereka memiliki beberapa UPS dan unit kontrol yang bekerja secara bertepatan. Ditambah lagi, beberapa computer, yang digunakan sejumlah besar untuk tujuan riset dan perkomputeran ilmiah, telah berlainan secara berarti dari mode di atas, tapi mereka telah mendapati sedikit pemakaian komersil.

Peranan dari computer pada prinsipnya sesungguhnya lumayan sederhana. Computer capai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilaksanakan, hasil tersimpan, dan perintah selanjutnya diraih. Proses ini berulang-ulang sampai computer dimatikan.

Program

Program computer ialah daftar besar perintah untuk dilaksanakan oleh computer, mungkin pakai data dalam tabel. Tidak sedikit program computer berisi juta-an perintah, dan tidak sedikit dari perintah itu dilaksanakan berkali-kali. Satu computer individu kekinian yang biasa (di tahun 2003) dapat lakukan seputar 2-3 miliar perintah dalam sedetik. Computer tidak mendapatkan kekuatan mengagumkan mereka melalui kekuatan untuk lakukan perintah kompleks. Tapi, mereka lakukan juta-an perintah simpel yang ditata oleh orang pintar, pemrogram.”Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk lakukan pekerjaan biasa (misalkan, menggambar titik di monitor) dan lalu membuat set-set perintah itu ada ke programmer lain”. Saat ini, umumnya computer bisa lakukan beberapa program sekalian. Ini umumnya diberikan ke selaku multitasking. Di faktanya, UPS lakukan perintah dari 1 program, setelah sesaat, UPS berpindah ke program ke-2 dan lakukan beberapa perintahnya. Jarak saat yang kecil ini kerap diberikan ke selaku potongan waktu (time-slice). Ini memunculkan khayal program lipat ganda yang dilaksanakan secara bertepatan pakai memberi waktu UPS antara program. Ini serupa bagaimana film ialah serangkaian kilat saja masih membingkaikan. Mekanisme operasi ialah program yang umumnya kuasai kesempatan ini memberikan

Mekanisme operasi

Mekanisme operasi ialah seperti kombinasi dari potongan code yang bermanfaat. Saat seperti code computer bisa digunakan secara bersama oleh beragam-ragam program computer, sesudah sekian tahun, pemrogram (programmer) pada akhirnya mengalihkannya ke dalam mekanisme operasi.

Mekanisme operasi, tentukan program yang mana akan digerakkan, kapan, dan alat yang mana (layaknya memory atau I/O) yang mereka pakai. Mekanisme operasi memberi service (servis) ke program lain, layaknya code yang memperkenankan pemrogram untuk menulis program untuk satu mesin tanpa perlu mengenali detil dari semua alat elektronik yang tersambung di computer.

Leave a Comment